Selasa, 28 April 2015

~USAHA KREATIF KANG PEMBUAT RUMAH KEONG~

~USAHA KREATIF KANG PEMBUAT RUMAH KEONG~




Mungkin kalian tidak akan mengira bahwa limbah spon alas tidur dapat menjadi barang yang bernilai jual . Limbah yang dianggap sampah dan tidak terpakai lagi itu ternyata bisa menjadi ladang yang meraup keuntungan .


Seperti yang dilakukan oleh pemuda bernama Ujang ini. Warga Jalan Lodan , Kelurahan Ancol , Kota Jakarta ini menyulap limbah-limbah spon alas tidur menjadi suatu benda yang bernilai jual. Ujang menyulap spon-spon tersebut menjadi istana atau rumah-rumahan untuk keong bergambar. Saat ini, istana keong itu mulai digandrungi anak-anak.
Rumah-rumahan tersebut dijual oleh Ujang di beberapa pasar malam ataupun di daerah - daerah kecil di kawasan Kota Jakarta . Mainan tersebut ia banderol Rp8.000 untuk yang bertingkat serta Rp5.000 untuk rumah-rumahan keong biasa atau tak bertingkat.
Ujang melihat celah bisnis tersebut berawal dari ia berjualan keong-keong bergambar . Keong-keong bergambar tersebut ia dapatkan dari Surabaya.
Sebenarnya Ujang membeli keong bergambar tersebut beserta rumahnya. Namun, kata Ujang, rumah keong tidak menarik minat pengunjung karena tak menarik.


“Awalnya wadahnya biasa, terus saya lihat bahan sebenarnya apa wadah itu. Setelah tahu bahannya aku belajar buat akhirnya jadi yang kayak gini,” kata Ujang sambil menunjukkan hasil karyanya .

Dari menjual hasil karyanya Ujang dapat meraup laba bersih rata - rata perharinya sebesar Rp 200.000 . Ujang senang dan tak menyangka bahwa hasil karyanya dapat diterima oleh masyarakat .

"Yang penting bisa jeli lihat peluang dan kita jangan bosen - bosen berinovasi" tutup Ujang .

2 komentar:

  1. Benar banget kata bang Ujang. :)

    BalasHapus
  2. Kang kalo mau jual rumah keong dmn y barang kali ada Chanel buat menampungnya?

    BalasHapus