Selasa, 05 Januari 2016

PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)




PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

software . pict by : google.com

Perangkat Lunak (Software) adalah suatu perangkat yang berisi serangkaian instruksi , program , prosedure , pengendali , pendukung dan aktifitas - aktifitas pengolahan perintah pada sistem komputer .

Kalau menurut wikipedia , Perangkat Lunak (bahasa Inggris : software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan secara digital , termasuk program komputer , dokumentasinya , dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer . Dengan kata lain , bagian sistem komputer yang tidak berwujud .

Secara garis besar , software dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Software Operasi Sistem (Operating System)
  2. Software Aplikasi (Software Aplication)
  •  Software Operasi Sistem (Operating System) adalah program untuk mengelola dan mendukung operasi sistem komputer dan jaringan . Terdiri atas sistem untuk Manajemen Sistem (Manajemen System Program) dan program untuk Pengembangan Sistem (System Development Program) .
Contoh Program untuk Manajemen Sistem adalah : 
Sistem Operasi , Program Pengelola Jaringan , DBMS , Sistem Utility , Monitoring untuk kerja sistem , Monitoring keamanan , dll .

Contoh Program untuk Sistem Pengembangan adalah :
Compiler , Pemrograman editor dan tools , paket CASE (Computer Aided Software Engineering) .

Contoh Sistem Operasi :
  1. Sistem Operasi UNIX
  2. Sistem Operasi LINUX
  3. Sistem Operasi Windows : 95 , 2000 , XP , Vista , 7 , 8, 10
  4. Sistem Operasi DOS 
  5. Sistem Operasi yang lain berbasis jaringan : Novell Netware , OS/2 , Warp Server , Mac OS X , LANtastic , Banyan Vines , CPM .

  • Software Aplikasi  (Software Aplication) adalah software program yang memiliki aktifitas pemroses perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu . Terdiri dari : 
  1. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
  2. Program Aplikasi (Aplication Program)
  3. Program Paket / Paket Aplikasi 
  4. Program Utility (Utility Program)
  5. Games dan Intertainment , dll .
Contoh Software Aplikasi : Mozilla Firefox , Microsoft Office , Netbeans , dll .

Kalau menurut wikipedia , Perangkat Lunak Aplikasi (bahasa Inggris : software aplication) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna . Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer , tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna . Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata , lembar kerja , pemutar media .

Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (aplication suite) . Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org , yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata , lembar kerja , serta beberapa aplikasi lainnya .

Software Aplikasi mengolah informasi untuk user dibagi dalam : 
  • Aplikasi Umum (General Purpose Aplication Program)
Contoh : Software Suites , Web Browser , Electronic Mail , Pengolah Kata , Lembar Kerja , Database Manager , Presentasi Grafis , Personal Information Manager , Groupware .

  • Aplikasi Khusus (Aplication Special Program)
Contoh : Bisnis , Akutansi , Pengolah Transaksi , Perencana Sumber Daya Perusahaan , Perdagangan Elektronik , Ilmu Pengetahuan dan Teknik , Pendidikan , Intertainment , dll .
software . pict by : google.com


Referensi : 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar