Jumat, 08 Januari 2016

TOPOLOGI JARINGAN


TOPOLOGI JARINGAN
 
Topologi Jaringan . Pict by : google.com

Topologi Jaringan adalah sebuah bentuk atau struktur jaringan yang menghubungkan antar komputer satu dengan lainnya , dengan memakai alat kabel ataupun nirkabel .
Kalau menurut wikipedia , Topologi Jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur - unsur dasar penyusun jaringan  , yaitu node , link , dan station .

Topologi Jaringan dibagi dalam beberapan jenis , yaitu :
  1. Star (Bintang)
  2. Ring (Cincin)
  3. Bus
  4. Tree (Pohon)
  5. Mash
 
Jenis - Jenis Topologi Jaringan


Kemungkinan adanya Topologi Jaringan selain 5 diatas bisa saja terjadi , karena jaringan sangat luas . Topologi Jaringan diatas bisa dimodifikasi tergantung kebutuhan user .

  • Topologi Jaringan Star (Bintang)
Topologi Star atau Topologi Bintang adalah salah satu bentuk Topologi Jaringan yang umumnya memakai switch atau hub untuk menghubungkan client satu dengan client lainnya .



Topologi Star 1.1

Topologi Star 1.2


 

  • Topologi Jaringan Ring (Cincin)
Topologi Ring atau Topologi Cincin adalah salah satu Topologi Jaringan yang menghubungkan satu pc/komputer dengan pc/komputer yang lain dalam satu buah rangkaian melingkar , serupa dengan cincin . Kebanyakan topologi ini cuma memanfaatkan kartu LAN untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya .

Topologi Ring 1.1

Topologi Ring 1.2

  • Topologi Jaringan Bus
Topologi Bus dapat dibilang topologi yang cukup sederhana jika dibandingkan dengan lainnya . Topologi ini umumnya difungsikan pada instalasi jaringan berbasis fiber optic , selanjutnya digabungkan dengan Topologi Star / Topologi Bintang untuk menghubungkan client atau node . Topologi Bus hanya memakai satu buah kabel type coaxial disepanjang node client dan biasanya , ujung kabel coaxial tersebut umumnya diberikan T Connector yang merupakan kabel end to end.

Topologi Bus 1.1

Topologi Bus 1.2


  • Topologi Jaringan Tree (Pohon)
Topologi Tree atau Topologi Pohon adalah topologi gabungan antara Topologi Star serta Topologi Bus . Topologi Jaringan ini umumnya difungsikan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda - beda .

Topologi Tree 1.1

Topologi Tree 1.2


  • Topologi Jaringan Mash
Topologi Mash diyakini bentuk topologi yang sangat tepat dalam aspek pemilihan rute yang banyak . Faktor tersebut berfungsi sebagai jalur backup pada waktu jalur lain mengalami masalah .
Topologi Mash 1.1

Topologi Mash 1.2




Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar